Thursday 7 September 2023

Marketing Mix Produk Pocky

 Makin Yummy, Makin Happy! Marketing Mix Pocky


    Apakah kalian sudah tahu tentang produk satu ini? Produk ini pernah mendapatkan perhatian dunia dengan trend-nya yaitu "Pocky Love Challenge". Ya, benar sekali! produk tersebut adalah Pocky,  sebuah merek snack ringan yang berbentuk stik yang dibaluti dengan berbagai macam varian rasa yang lezat. Produk Pocky ini dibuat oleh PT Glico Indonesia dengan slogan "Makin Yummy Makin Happy". 

    Pocky sendiri telah mengambil hati masyarakat berkat cita rasa dan kenikmatannya. Produk ini telah menerapkan berbagai macam event dan trend untuk menarik para konsumen, salah satunya sudah disebutkan sebelumnya yaitu "DIY Pocky Love Challenge". 

    Pada artikel ini, akan dijelaskan bagaimana Marketing Mix dari produk satu ini. Menurut (Alma, 2016:205), bahwa "Marketing mix adalah suatu strategi mencampuri kegiatan-kegiatan pemasaran, agar dicari kombinasi maksimal sehingga mendatangkan hasil yang memuaskan". Marketing Mix mengandung 4P yaitu Product, Price, Place, dan Promotion. Nah, Apakah kamu penasaran Marketing Mix pada produk Pocky ini? Maka simak penjelasan berikut!

A). Produk (Product)
    Hal pertama yang akan dianalisis adalah bagian produknya itu sendiri. Dalam hal ini, Pocky selalu melakukan inovasi pada varian ataupun desain kemasan agar dapat menarik perhatian masyarakat dan mencegah terjadinya kebosanan pada pangsa pasar. Inovasi produk dibuktikan sebagai salah satu strategi ampuh dalam meningkatkan jumlah penjualan produk.

B). Harga (Price)
    Penentuan harga adalah salah satu hal terpenting yang perlu ditetapkan oleh perusahaan. Penetapan harga yang terlalu tinggi dapat menyebabkan berkurangnya daya beli konsumen dikarenakan harganya yang terlalu kemahalan, sedangkan penetapan harga yang terlalu rendah dapat mempengaruhi total keuntungan yang akan didapatkan oleh perusahaan. Dalam hal ini, Pocky menggunakan harga yang cukup kompetitif. Harga yang ditawarkan oleh Pocky sendiri tergolong cukup terjangkau bagi semua kalangan di Indonesia yaitu sekitar Rp6.000,00 - Rp12.000,00.

C). Lokasi (Place)
    Produk Pocky memiliki jaringan distribusi yang luas dan tersebar di seluruh Indonesia. Produk satu ini dapat ditemukan diberbagai macam tempat disekitar lingkunganmu seperti Alfamart, Indomaret, Hypermart, Mall, dan lain-lain. 

D). Promosi (Promotion)
    Unsur promotion merupakan salah satu hal yang perlu diperhatian dalam perkembangan penjualan produk. Promosi sendiri menentukan berhasil atau tidaknya suatu produk. Dalam bidang ini, Pocky melakukan promosi di iklan dengan menggunakan slogannya beserta desain produknya yang mencolok dan unik. Pocky juga pernah mengadakan campaign seperti "Apresiasi Atlet Berprestasi" untuk mempromosikan lebih lanjut produk mereka. 

    Sekian dari artikel ini, saya berharap informasi dapat memberikan manfaat bagi kalian.

Referensi:
chrome-extension://efaidnbmnnnibpcajpcglclefindmkaj/http://repository.stei.ac.id/1856/1/Naskah%20Publikasi%20Bhs.Indonesia%20Fajar%20Tri%20Hermawan%2021160000228.pdf

No comments:

Post a Comment

STP Produk Pocari

" Tiap Hari Pocari Sweat: Go Sweat Go Ion" STP dari Produk Pocari Sumber:  https://i.ytimg.com/vi/DCfk7tc_KqE/maxresdefault.jpg   ...